Youtube dan Sejarahnya

Ciaossu!
Oke , gue yakin lo semua pasti pada masih inget tentang Briptu Norman, Shinta dan Jojo, Justin Bieber, dan semacamnya. Ato bahkan, lo seneng dengerin mereka, tiap hari nonton videonya, dikoleksi, ikutan lypsinc, lol. ☺ Seperti yg kita tau, mereka semua terkenal karena video mereka diunggah (upload) ke situs web video sharing terkemuka, yaitu Youtube. Tapi, gimana sih sejarahnya ? Penasaran ? Cekidot gan :

Youtube didirikan pada bulan Februari taun 2005 oleh 3 orang mantan karyawan PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Ceritanya, waktu itu Chen lagi ngadain pesta makan malem di apartemennya di San Francisco. Tapi, si Karim ga bisa dateng, jadinya si Hurley ngabadiin pestanya lewat video, pingin ngirimin ke Karim sama temen" lainnya, tapi sulit banget. Akhirnya, Chen sama Hurley berusaha mengembangkan situs web yg bisa masukin, ngunduh, dan bagi video. 

Video pertama yang diupload mereka yaitu Me at the Zoo, yang diupload tanggal 23 April 2005 buat ujicoba. Video ini diambil oleh Yakov Lapitsky di San Diego Zoo. Ternyata, video ini banyak dapet sambutan masyarakat. Jadi, diadain deh Beta Test pertama pada Mei 2005, dan antusiasnya makin besar!

Facts about Youtube:
  • Awalnya, kantor pusat Youtube terletak di lantai atas sebuah restoran Pizza dan Restoran Jepang di San Mateo, California.
  • Steve Chen mempelajari ilmu komputernya di University of Illinois, sedangkan Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania.
  • Pemilihan nama www.youtube.com mengakibatkan masalah bagi suatu situs bernama mirip, www.utube.com. Pemilik situs, Universal Tube & Rollform Equipment, menggugat YouTube pada November 2006 setelah mengalami kelebihan beban secara akibat orang yg nyari situs YouTube.
  • Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. membeli Youtube senilai 1,65 miliar US $.
  • Pada tahun 2007 Youtube telah mengkonsumsi Bandwidth menyamai besarnya Bandwidth keseluruhan internet di dunia pada tahun 2000.
  • Saat ini, Youtube menjadi situs online Video provider paling dominan di Amrik, dan bahkan mungkin dunia, dengan menguasai 43% pasar. Diperkirakan 20 Jam durasi video di upload ke Youtube setiap menitnya dengan 6 miliar views per hari.
Nah, sekian dulu ya. Moga aja bermanfaat buat pembaca sekalian, jadinya kita ga cuma tau video apa aja yg baru di youtube, tapi juga tau sejarah dibuatnya.. Oke deh, ciao ciao ! =)

Sumber : Gadis, apocalyto

Komentar