Alat Ukur

Ciaossu !
Kebetulan waktu itu dapet tugas dari guru, disuruh cari tentang alat ukur panjang dan massa.. daripada file numpuk di komputer, sekalian aja ane post di sini, biar pada bisa tahu juga, sekalian buat belajar nanti pas ujian kelulusan SMA (ceilehh, masih juga 2 taun lagii jugaa).. u.u

Alat ukur panjang :
1. Mistar  
Skala terkecilnya yaitu 1 mm, sedangkan ketelitiannya 0,5 mm. Mistar biasanya digunakan untuk mengukur benda dengan panjang kurang dari 50 atau 100 cm. Satuan yang tercantum dalam mistar yaitu cm, mm, dan inchi.
2. Jangka Sorong 
Skala terkecilnya yaitu 0,1 mm, sedangkan ketelitiannya 0,05 mm. Terdiri dari dua bagian, bagian diam dan bagian bergerak. Kegunaan jangka sorong adalah untuk mengukur sisi luar benda dengan cara diapit, sisi dalam dengan cara diulur, kedalamanan celah / lubang suatu benda dengan cara menancapkan pengukur. 10 skala nonius jangka sorong panjangnya 9 mm.
3. Mikrometer Sekrup 
Skala terkecilnya yaitu 0,01 mm, sedangkan ketelitiannya 0,05 mm. Pada alat ini terdapat skala utama dan skala putar. Mikrometer sekrup biasanya digunakan untuk mengukur ketebalan suatu benda. Mikrometer dibagi menjadi 3 jenis yaitu luar, dalam, dan kedalaman.

Alat ukur berat :
1. Neraca Ohauss 311 
Skala terkecilnya 0,01 gram, sedangkan ketelitiannya 0,005 gram. Neraca ini berguna untuk mengukur massa benda. Neraca ini memiliki batas ukur mencapai 311 gram. Batas ukur lengannya yang pertama 0 – 1 g, kedua 0 – 10 g, ketiga 0 – 100 g, dan keempat 0 – 200 g.
2. Neraca Ohauss 2610 
Skala terkecilnya 0,1 gram, sedangkan ketelitiannya 0,05 gram. Alat ini digunakan untuk mengukur massa suatu benda. Batas ukur lengannya yang pertama 0 – 10 g, kedua 0 – 500 g, dan ketiga 0 – 100 g.

Sebenarnya masih banyak alat ukur lainnya, tapi umumnya yg dipake ya yang telah disebutkan di atas, hehe .. ☺ Semoga bermanfaat yaa ! =)

Komentar